SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
SILABUS KIMIA HIDROKARBON (REAKSI SENYAWA HIDROKARBON, MINYAK BUMI, FRAKSI MINYAK
BUMI)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan
YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
·
Reaksi senyawa hidrokarbon
·
Minyak bumi
·
fraksi minyak bumi.
|
Mengamati
(Observing)
· Mengkaji dari berbagai sumber tentang senyawa hidrokarbon
Menanya
(Questioning)
·
Mengajukan
pertanyaan mengapa senyawa hidrokarbon banyak
sekali terdapat di alam?
·
Mengajukan
pertanyaan senyawa apa yang dihasilkan pada reaksi pembakaran senyawa karbon?
·
Bagaimana
reaksinya?
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·
Menganalisis
senyawa yang terjadi pada pembakaran senyawa karbon berdasarkan hasil pengamatan
·
Menganalisis reaksi senyawa hidrokarbon
Mengasosiasi(Associating)
·
Berlatih
menuliskan reaksi senyawa karbon
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Menyampaikan
hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran dengan lisan atau tertulis, dengan
menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengamati (Observing)
·
Menggali informasi dengan cara membaca/ mendengar/menyimaktentang, proses pembentukan minyak bumi dan gas
alam,
komponen-komponen utama penyusun minyak bumi, fraksi minyak bumi.
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana terbentuknya minyak bumi dan gas .alam,
cara pemisahan (fraksi minyak bumi),
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·
Mengumpulkan informasi
dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan,
kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar
alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menjelaskan proses penyulingan bertingkat dalam bagan fraksi
destilasi bertingkat untuk
menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok tentang.
proses pembentukan minyak bumi dan gas
alam,
komponen-komponen utama penyusun minyak bumi, fraksi minyak bumi dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Tugas
·
Membuat bahan presentasi tentang minyak bumi, bahan bakar alternatif
selain dari minyak bumi dan gas alam dalam kerja kelompok serta
mempresentasikan
Observasi
·
Mengamati sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan
presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
·
Laporan hasil
identifikasi atom C,H dan O dalam sampel
·
Hasil rangkuman
Tes tertulis uraian menganalisis :
· Pemahaman reaksi senyawa karbon
· Mengevaluasi dampak pembakaran minyak bumi dan gas alam.
|
3 mgg x 4 jp
|
·
Buku kimia
·
Lembar kerja
·
Berbagai sumber dari migas atau yang lainnya
·
Website kimia.
·
Aplikasi
kimia.
|
|
1.2 Mensyukuri kekayaan alam Indonesia
berupa minyak bumi, batubara dan gas
alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat
dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
|||||
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
|
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
|
|||||
|
2.3 Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktifsertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuatkeputusan
|
|||||
|
3.1
Menganalisis
struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom
karbon dan penggolongan senyawanya.
|
|||||
|
3.2
Memahami proses pembentukan dan
teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
|
|||||
|
3.3
Mengevaluasi
dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
|
|||||
|
4.1
Mengolah dan menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan
atom karbon dan penggolongan senyawanya.
|
|||||
|
4.2
Menyajikan hasil pemahaman tentang
proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta
kegunaannya.
|
|||||
|
4.3
Menyajikan
hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan
kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar