Rabu, 20 November 2013

SILABUS KIMIA HIDROKARBON (REAKSI SENYAWA HIDROKARBON, MINYAK BUMI, FRAKSI MINYAK BUMI)

SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
SILABUS KIMIA HIDROKARBON (REAKSI SENYAWA HIDROKARBON, MINYAK BUMI, FRAKSI MINYAK BUMI)
Satuan Pendidikan    : SMA
Kelas                           : XI
Kompetensi Inti
KI 1   :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.

·     Reaksi senyawa hidrokarbon
·     Minyak bumi
·      fraksi minyak bumi.
Mengamati
(Observing
·     Mengkaji dari berbagai sumber tentang senyawa hidrokarbon

Menanya
(Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan mengapa senyawa hidrokarbon banyak sekali terdapat di alam?
·     Mengajukan pertanyaan senyawa apa yang dihasilkan pada reaksi pembakaran senyawa karbon?
·     Bagaimana reaksinya?

Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·     Menganalisis senyawa yang terjadi pada pembakaran senyawa karbon berdasarkan hasil pengamatan
·     Menganalisis reaksi senyawa hidrokarbon

Mengasosiasi(Associating)
·      Berlatih menuliskan reaksi senyawa karbon
Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran dengan lisan atau tertulis, dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengamati (Observing
·      Menggali informasi dengan cara membaca/ mendengar/menyimaktentang, proses pembentukan minyak bumi dan gas alam,
      komponen-komponen utama penyusun minyak bumi, fraksi minyak bumi.
Menanya (Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana terbentuknya minyak bumi dan gas .alam, cara pemisahan (fraksi minyak bumi),

Mengumpulkan data  (Eksperimenting)
·     Mengumpulkan informasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam.
Mengasosiasi (Associating)
·      Menjelaskan proses penyulingan bertingkat dalam bagan fraksi destilasi bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi

Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Mempresentasikan hasil kerja kelompok tentang.
     proses pembentukan minyak bumi dan gas alam,
     komponen-komponen utama penyusun minyak   bumi, fraksi minyak bumi dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Tugas
·     Membuat bahan presentasi tentang minyak bumi, bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam dalam kerja kelompok serta mempresentasikan

Observasi
·     Mengamati sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi dengan lembar pengamatan

Portofolio
·     Laporan hasil
     identifikasi atom C,H dan O dalam sampel
·     Hasil rangkuman

Tes tertulis uraian menganalisis :
·     Pemahaman reaksi senyawa karbon
·     Mengevaluasi dampak pembakaran minyak bumi dan gas alam.





3 mgg x 4 jp



·      Buku kimia
·      Lembar kerja
·      Berbagai sumber dari migas atau yang lainnya
·      Website kimia.
·      Aplikasi kimia.

1.2   Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

2.2    Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3    Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktifsertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuatkeputusan

3.1    Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.

3.2    Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
3.3    Mengevaluasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
4.1    Mengolah dan menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.

4.2    Menyajikan hasil pemahaman tentang proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya.

4.3    Menyajikan hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar